Event Bergengsi Smanti Education Festival

OSIS SMAN 3 Malang bekerja sama dengan beberapa cabang ekskul di sekolahnya kembali mengadakan acara tahunan, SEF 2017. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, SEF 2017 tidak hanya olimpiade melainkan beberapa event lomba yaitu, Olimpiade MIPA dan IPS, English competition, LPAF, serta IT Competition. Tujuan utama acara ini adalah untuk mengenalkan Smanti secara umum dan prestasi eksul yang menonjol. Bagi OSIS Bhawikarsu (SMAN 3 Malang), acara ini tidak wajib tetapi sangat penting dilihat dari tujuannya.
            Berbagai tantangan dihadapi panitia penyelenggara untuk menyukseskan SEF 2017. Pembagian panitia untuk acara tingkat SMP se-Jawa Timur ini menjadi salah satunya. Selain itu, publikasi ke sekolah-sekolah menjadi kendala tersendiri karena masyarakat mengira bahwa SEF hanyalah olimpiade. SEF 2017 juga menggunakan cara baru untuk penyisihan lomba olimpiade MIPA dan IPS. Penyisihannya dilakukan secara online sehingga harus mengondisikan website-nya. Kesulitan dalam pengondisian website agar tidak terjadi kesalahan fatal saat pengerjaan menjadi kendalanya.
            Kerja keras panitia dimulai dari merancang kegiatan hingga harus mencari sponsor sendiri. Persiapan acara ini memakan waktu yang cukup singkat, yaitu sekitar 4 bulan sejak Desember 2016. Walaupun begitu, hasil dari kerja keras mereka membuahkan hasil yang cukup memuaskan melihat jumlah peserta yang meningkat dari tahun sebelumnya. Semua hal tersebut tidak lepas dari prinsip yang mereka pegang bersama yaitu membiasakan berfikir “kita ini satu”.
            Peserta lomba SEF sangat antusias. Pada hari Sabtu, 18 Maret 2017 dilaksanakan English Competition. Jenis perlombaan berbahasa Inggris ini terdiri dari Speech, Storytelling, dan English Olympiad. Cerminan semangat peserta dapat dilihat dari penampilan storytelling dengan membawa property serta memakai kostum yang tidak sederhana.
            Pada hari yang sama, partisipasi peserta lomba IT Competition tidak kalah menarik dari English Competition. IT Competition sendiri terdiri dari robotic dan jurnalistik. Jumlah pesertanya 40 tim dengan rincian 25 tim robotic dan 15 tim jurnalistik.
Salah satu peserta lomba robotic memberikan penjelasan mengenai proses persiapan partisipasinya. Dengan persiapan hanya 1 bulan peserta dari SMPN 3 Malang menunjukkan usaha terbaiknya. Mereka termotivasi ingin memberikan hadiah ulang tahun sekolahnya dengan memenangkan kompetisi se-Jawa Timur ini. Kesulitan yang mereka hadapi adalah men-setting dan mengoperasikan robotnya. Mereka telah melakukan usaha yang terbaik meskipun akhirnya harus menerima kekalahan.

Dari keterangan salah satu peserta lomba, dapat disimpulkan bahwa peserta menganggap SEF 2017 adalah kompetisi yang bergengsi. Sampai minggu ke-3 bulan Maret pelaksanaan acara tahunan ini berjalan lancar sesuai harapan panitia penyelenggara. Kerja keras tiap pihak menjadi hal penting dalam kesuksesan sebuah event besar. Dengan demikian, SEF 2017 bisa dikatakan terselenggara dengan sukses dan menjadi acara yang akan ditunggu-tunggu pelajar SMP atau MTS pada tahun-tahun berikutnya.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Childhood Memories: JKT 48

Tentang Menjadi Muslimah: Ikhlas

Diri yang Berkembang: Peran